Modifikasi Yamaha Jupiter

hi bro n sist,,

lihat dunk, ada stiker M+ yang nyempil di bodi depan,,

ini kali pertamanya gw bermain modif motor secara total, gw punya yamaha jupiter keluaran 2003, sebenernya dah pingin ngemodif tunggangan gw sejak lama, cuma sebelum2nya gw ga taw dimana ngemodifnya,, lokasi bengkelnya terutama, dan ini juga yg jadi cikal bakal gw mengenal modif motor lebih dekat dan dekat bgt,,

*hehehe*

motor ini gw modif gara2 gw pernah jatuh di perbatasan jateng-jabar saat gw mudik dari bandung ke rumah gw di purwokerto,, okeh, bakal gw kasi liat motor jupiter gw sebelum dan sesudah gw modif, hehe,,

agak ekstrim siy perubahannya dari bebek / underbone yang cungkring jadi bebek sport yang lumayan gambot dan mantap,, gw bikin bulan agustus 2005, masuk bengkelnya, lokasi bengkel awal di tempatnya u’i dan finishing di X_K (baca Kalika) Purwokerto. untuk mesin dan pengecatan di Dhafi Motor.

ni dia jupiter gw, sebelum berubah total,,

sebenernya ini dah gw modif, tapi smua barang bolt-on, kayak velg racing, knalpot free flow, dan kopling manual. ya sebatas itu ajah siy, ga terlalu banyak, yang penting gw dapet akslerasi ajah buat dalam kota,,

gwe bikin ni motor setengah mati seneng n keselnya,, senengnya gw bisa ngemodif motor, dari yang awalnya culun, jadi lumayan keren,, sedihnya gw di bengkel pertama sempet kena tepong, coz motor gw ga di garap2, mpe gw kesel ndiri, mana dah lama, mpe gw bolak balik dari bdg ke pwt,, jogja ke pwt,, duh capek bgt,,

ya sebenernya ada untung ruginya modif di bengkel tanpa selalu di pantau

untungnya dari ngemodif motor di bangkel:

  1. ga perlu capek2 ngeluarin tenaga buat ngemodif sendiri pa lagi kita buta ttg proses pembuatan fiber glass. tinggal nyerahin desain ato milih bentuk yg diinginkan buat diterapkan.
  2. kita nambah temen dan nambah referensi dari temen2 baru kita buat ngemodif motor dan laen2.
  3. banyak pilihan bengkel yg bisa bantu kita modif.

ruginya kalo ngemodif di bengkel:

  1. capek bolak – balik, terutama kalo kita ada di luar kota.
  2. duit kudu cepet ngumpul buat bayar modifan.
  3. kadang di tipu ma bengkelnya, katanya mo di kasi sparepart merk “A” eh di kasi sparepart merk “B” untung masih dikasi yg ada merknya, pengalamna gw malah dapat barang lokal, kekekekkkekekkk.
  4. kudu pinter milih bengkel, kalo bisa si tanya2 ma org yg udah ngegarap di situ,
  5. kadang hasil garapan ga sesuai dg yg diinginkan, dan kurang puas ma hasilnya.

gw ngemodif motor pake konsep yg di gambar sendiri, eh di tengah penggarapan, kluar motor Jupiter MX, walopun masih concept, di thailand sono,, akhirnya disaranin pake konsep itu, dan itu cuma buat tampilan depan ajah,, ini die konsep yg gw masukin ke bengkel, tadinya mo dibikin persis kayak gini,, tapi karena saran dari temen2 dan pebengkel, akhirnya gw ikutin juga,,

konsep motor gw niy buat modif, masih sket kasar pake tangan, bukan pake kompi, coz gw lum kenal software desain saat itu.

yang melenceng dari motor ini dari tampilan motor gw, ma sebagian hal kecil di jok, setang, dan spatbornya. dan tentunya nambah dikit di bagian mesin, buat ningkatin performa.

so, total yang gw lakuin pada motor ini antara laen:

  1. tampilan motor dari depan Jupiter MX namun ada perubahan laen, tampangnya gw kasi lampu Nouvo-Z, dan akhirnya malah jadi mirip Yamaha X1-R bikinan thailand. ini tahun 2005 loh bikinnya, sebelum X1-R dikeluarin di Thailand, so gw bisa di bilang de javu, buat bikin motor ini. hehehehe,,
  2. buat spatbor depan gw pilih model dari ducati monster. keren di komparasi di sini, so cool guys.
  3. velg+ban gw kasi ukuran depan: 2,5 inch 110/80 – 17 belakang : 3 inch 130/70 – 17, punya tiger neh.
  4. swing arm custom model banana, mono shock. udah pernah jebol 2 kali di dudukan shock smua, bentar lagi mo gw ganti.
  5. warna gw pilih black – red (candy tone). tadinya super red ato merah ferari, tapi gw cat ulang, hehehe.
  6. mesin over size jadi 125 cc, pake piston Kawak Kaze R, plus tambah oil cooler. lumayan bikin mesin adem, pas pertama tes drive, sempet macet pistonnya, coz fan nya lum gw nyalain plus pasokan oli ke piston macet.
  7. foot step depan custom, bikinan ndiri.
  8. lampu rem dan sein belakang pake punya mocin apa lupa namanya. skubek itu loh,, yg sering d pake buat modif.

ni gambar motornya setelah jadi, gw foto pas di liput ma motor plus, dan udah pernah masuk motor plus ma oto plus, motor plus edisi 386 agustus 2006, di halaman 2. lokasi di bengkelnya punya dodik. temen gw pas ngebengkel di purwokerto yg akhirnya buka bengkel.

yang atas dari samping n bawah dari depan tapi nyerong dikit gw kasi nama Jupiter XR-125.

wah dah keren banget pokoknya pas waktu itu, pa lagi kalo pas di copot bodi depannya, mirip moge tapi kelasnya bebek moge,, kekekekekkkkk..

oh ya pernah di pajang di dealer Yamaha di Cilacap d tempatnya temennya bokap. keren siy, di pajang di show roomnya dan pengalaman setelah di pajang, ada yg mo bayarin 12 jeti kontan, wkkk. ya di tolak lah, lagian habis emg ga lebih dari itu, tapi belum belum beli motornya. lagian namanya hobi, ga bakal gw lepas.

niy gw kasi lagi gambarnya pas ada di bengkel, lagi rehab mesinnya. keren bgt dari belakang. menurut gwe loh, kalo kalian mah sok ajah kasi penilaian masing2 yak. hehehe…

dan akhirnya sekarang dah tahun 2008, gw dah bosen ma modelnya, kayaknya bakalan gw rombak lagi, tapi masih bingung model dan konsepnya mo kayak apa. pingin si super moto, berarti bakalan reinkarnasi jadi motor laki, tapi dari bengkelnya bilang kayaknya kekecilan motornya. kemaren serching di inet dapet model SACHS Maddas 125, kayaknya ingin model kyk gini tapi tar lihat sikon lah. dan jarahannya bakalan ke super moto, cuma belum taw modelnya kayak apa.

bro n sist, kalo ada saran kasi masukan yak,, gw tggu neh, okeh?!

thank bgt yak,, ^_^ V,,

28 comments

  1. Hallo Bro Batman K,
    Yup konsep modif ke SACHS Maddas 125 boleh juga tuh , btw ntar mau modif sendiri atau kasih ke bengkel lagi?

    Thq dah liat2x bukugambar & Good Luck buat Projectnya & TA.

  2. thx bro,, wah kayaknya garap bengkel deh, dah gw titipin kesana mslhnya,, paling tar minta di bikinin kaki2nya ajah, depan n belakang, coz kalika terkenal keren buat jarahan di kaki2nya,,

    tar minta ajarin yak bikin body, biar gw garap ndiri bodinya,,
    *hehehehehhee*

  3. Om. . . .
    Mau tnya nie. . .
    kira2 model modifikasi MX kya ap y yg co2k bwt budget pelajar ?

    Klo ad yg mw modifikasi mtr gue dngn budget lumayan murah yg engk bgtu lumayan mahal. hubungin gue y.
    085710062686

  4. @pelajar_, coba aink jawab ya,,
    kalo modif sederhana ajah buat pelajar saran si pake modif barang2 bolt on aja. selain murah juga langsung pasang plek tanpa setting macam2 lagi,,

    kalo modif murah habisin dana sekitar 2 ampe 6 jeti, dengan hasil lmyn, dg catatan ngerjain di daerah, bukan di jakarta dstr (dan sekitarnya),,
    itu dah custom body dan kaki-kaki,,

    untuk model kan selera dari kamu sendiri, bisa model bebek sport, ato mungkin ke arah ayam jago,,
    saran untuk jupi mx kamu, bisa bikin model jupi X1-R, bisa cari di Inet, pas kok buat tampilan mx, dan ubahan cuma dikit di body,,

  5. Btw Jupiter Z, ampe’ berapa sey kencengnya?
    punyaku keluaran Rh. 2008 kok cuman 100KM/JAM dah mentok ya..?
    ada saran untuk setting nya ga’?
    thanks

  6. @ D2K, jupiter dan seriesnya, bukan yg MX yak,,
    limit nya emang antara 90 s/d 100-an km/ jam, itu yang pernah gw coba. Hal ini disebabkan karena adanya limiter di CDI nya, yang ngebatasin putaran mesin, biar awet dan irit,, sekaligus biar ridernya aman,,

  7. hey hey..
    aku pernah nyoba MX kang..
    punyaku iso sampe 120km/jam..
    gigi 1. mpe 20
    2.mpe 40
    3.mpe80
    4.mpe120
    tu masih bisa nambah kalo tega gebernya
    n kalo masalah modif,harusnya kalo kalika mank udah jago,gak mpe jebol gitu donk bikin suspensinya..
    ada di daerah jogja yank bikin suspensi gak jebol2..punya tiger n supermoto aja gak jebol,apalagi buat motor bebek yank superingan..haruse monoshock gak mpe jebol..

    ^_+
    [aku]
    makmuan_niezt17@yahoo.co.id

  8. mau comment lagi bang,,mnurut aku bathok lampu buat motor abang tu kurank sip..tu kan jadi keliatan cungkrink..dah motor terlalu tinggi,lebar gak ada,trus bathok kayak gitu lagi..kalo mau dibuat model buta n simpel pake mio soul atau kalo mau handmade,pilih model mx trus dipotong bawahnya..n than,buat nutupin headlamp mx yg gedhe,di dempul aja,kalo mo gampang ya dibuatin pake fiber glass aja bank..di cat,jadi deh..

    ^_+
    [aku]
    makmuan_niezt17@yahoo.co.id

    nb: saya masih pemula bang,mav kalo ngasih kritik atau saran.kalo mo kasih kritik n saran/liat gambar,masuk aja makmuan_niezt17@yahoo.co.id.
    kalo belon di ubah loh gambarnya.coz bingung mau nyalurin dimana gambar2nya..hehehe..

  9. @Decka, sok yang jebol tuh bukan bikinan Kalika, tapi di bengkel lain. di kalika gw cuma finishing body. ini malah sudah tak masukin lagi, lg bikin desainnya yang detail.

    ini modifikasi motornya dibikin tahun 2006 ya maap kalo masih terlihat aneh dan sedikit jadul.

    semoga yang baru lebih bagus dan terencana dg matang. amieen.

  10. amin,,,sip..yank kemarin aja uda top kok..cuman kayaknya kurank terkonsep..kalo konsep drag,dibuat simple n cungkring kan bagut tuh bank..coba kalo model motor kekar body juga kan paling gak agak melebar..biar tampak garank..apalagi spatbor depan n upside down depan,,wah manteb bangedh tuh bank..dijual gag??mank bikin gituan gag mahal ya??shock,piringan cakram,n spatbor depan,,berapa??piringannya dibuat yank giga disc tapi yank keliatan kekar..wes sip tenannnnnnnnnn..catnya yank pake effect atau yank bunglon sekalian bank..mewah tuh..hehehe

    ^_+
    [aku]

  11. kalo mo top speed mx jadi tinggi kan tinggal kecilin aja tu gear belakang.ya gak sih??
    emank sih jadi lebih gak cepet tarikannya.tapi topspeed buat jalan lama jadi puol..hehehe..

    yank simpel aja.hehehe

  12. kalo kurank,di papas beberapa mm aaja tu blok mesin n sekalian aja intake manifolnya di alusinn karbu diganti,disetting ulank deh..
    hehehe

    ^_+
    [aku]

  13. mantap dech….jd naksir gwe bwt modif gtu….
    ksih bocoran dunk biaya modif tnpa rehab mesin???
    lau ma rehab msesin brpa???

    thanxz bngt…

  14. @decka, thx masukannya, tar bisa gw pake referensi2 modifnya…

    @pram, kemarin kalo ngga salah total pengerjaan ngga lebih dari 10 jeti. Cuma lupa berapa tepatnnya. Info niy, all body motor modifikasi gw ini maw gw jokul, konisi 90% jarang pake. Ngendon di bengkel Kalika Purwokerto. Kalo maw tar kita bisa nego.

    gw mo ganti model modifikasi motor gw.

  15. wah tk akoni mtormu jan sadis+suuuaaaaangaaarrrrrrrrrr tp seh mndeng grapan mtore ymha kepeekku.,.,.,.,.,.,.,

  16. om , mau nnya2 jg niih ane , aku motorna juga jupiter Z tpi keluaran tahun 2009 , trus ane bingung niih modifnya , trs bengkelna ,, kasih saran dnkk , yaa klo bs siih hubungin ane gan di 02185321390 .. thx yaa

    1. sebenernya bisa2 aja, smua juga kalau mau di modif bisa..
      ini motor dibuat tahun 2006, swing armnya harganya 500 rb, buat dudukan monoshocknya plus shockbreakernya 250rb.
      cakramnya aja sudah 200rb waktu itu.. plus ongkosnya..
      total ya bisa di kira2 deh..

  17. gieh kang, nek bisa spare pat’e merk ma harga di cantumin..

    enteng pira pira, trus tempat alamat modif’e y d cantumna juga..

    okeh…

    1. Lupa eh mas, itu tahun 2006, awal2 MX keluar, bodi depan dibikin semi MX, belakang custom corat-coret tangan. cuma saran sih mending modif main di sektor kaki-kaki, kalau main di body, sebaiknya cangkok dari body asli, karena kalo fiber gini, lama2 pecah/getas dan dempulnya pada lepas..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s