Prinsip dalam Hidup

Ini tentang sebuah pesan dari orang yang gw sayangi dan gw hormati. Pelajaran hidup tentang sebuah prinsip hidup dalam kehidupan sehari-hari dan bersosialisasi dengan lingkungan.
1. Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Lebih baik memberi daripada menerima, jadi intinya sesekali boleh menerima bantuan, hehehe. Mungkin prinsip ini sudah sering diperdengarkan, tapi inilah pesan yang selalu harus ditanamkan dalam hidup gw. Dan prinsip ini dapat dikembangkan jadi prinsip-prinsip berikutnya.
2. Tidak merepotkan orang lain, tapi orang lain boleh merepotkan kita. Artinya, kita tidak boleh sampai merepotkan orang lain, kita harus hidup mandiri dan tidak begitu bergantung dengan orang lain walaupun suatu saat orang akan menilai kita hidup soliter ataupun egois, namun disuatu sisi kita harus mau menerima permintaan dan membantu orang lain yang memerlukan pertolongan kita walaupun kita terkadang tidak mengharapkan mereka nantinya juga membantu kita, alias tidak mengharapkan pamrih.
3. Membantu dan menolong sepenuhnya dan semampunya selagi diberi kesempatan dan mampu untuk itu. Maksudnya, kita akan membantu dengan sepenuhnya dan semampunya dari diri kita untuk orang yang membutuhkan, walaupun hingga mengerahkan massa ataupun mengerahkan segalanya demi membantu seseorang yang membutuhkan bantuan kita, selagi kita bisa, selagi kita mampu, dan selagi kita diberi kesempatan untuk berbuat baik dan bisa menolong sesama.
4. Jagalah Persahabatan dan carilah sahabat sebanyak mungkin. Karena sahabat itu seperti keluarga kita, sahabat adalah orang yang mengerti keadaan kita sepenuhnya dan orang pertama yang akan menjadi tempat kita bercerita. Istilahnya, sahabat tahu watak dan perilaku serta sikap kita, diri kita, dan kondisi kita 100%, sedangkan pasangan hidup kita hanya mengetahui 90% kondisi dan keadaan kita. Dan merekalah yang akan selalu megisi hidup kita sehari-hari dan tempat berbagi, selama kita hidup di dunia.
5. Jangan pernah selamanya memusuhi dan membenci orang yang pernah kamu benci. Karena suatu saat orang itu akan kita butuhkan, bahkan suatu saat orang itu yang akan menjadi satu-satunya orang yang ditunjuk 4JJI SWT untuk membantu kita dalam kesusahan.
Mungkin ini dulu prinsip hidup yang bisa gw bagi ke temen-temen semua, semoga temen-temen juga mampu menerapkan prinsip hidup ini dalam kehidupan sehari-hari temen-temen semua.

3 comments

  1. hehehehhhee……
    isenga ajah nulis ini, cuma belum semua di praktekin ajah,,
    pelan2 dan,,, huuuaaaeeehhhmmmmm,,,,

    *ikutan ngantuk*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s