Kampus, Kuliah, Persahabatan dalam ingatan gw..


Ngga kerasa waktu dah semakin cepat berlalu,, Seinget gw, baru aja kemaren gw masuk kuliah di STT Telkom Bandung, ketemu temen2 baru dari seluruh penjuru Indonesia. Dapet materi2 kuliah yang asing, dapet kalkulus dapet kimia lagi, dapet fisika lagi,  di awal masa2 kuliah.

Sekarang gw dah duduk disini, menyandang sebuah gelar, ST. Ya, nama gw sekarang sudah resmi mendapat imbuhan ST, A. Widhi Saputro, ST. Berarti gw udah bukan anak kuliahan lagi, bukan lagi mahasiswa.

Flash back lagi ke tahun 2003… Gw ditempatkan ke sebuah kelas dengan identitas kelas TE-27-01, ato yang lebih beken disebut el-doenotoe (elektro dua tujuh nol satu). Bersama sekitar 60-an anak2, dari mulai yang pinter sampai yang aneh2 dan … ah sudahlah… ngga usah dilanjutkan…

Dari jamannya masih culun2, botak2 abis ospek kampus (PDKT), kurus dan item, tiba2 berubah jadi anak yang gaul, gemuk kayajk sapi, dan berkulit bening.  Dan diitung2, gw empat tahun bersama mereka, banyak kenangan yang masih membekas didiri gw tentang mereka semua… Kita di eldunotu sempat kelilangan beberapa temen2 terbaik, ada yang dapet beasiswa ke jepang, ada yang kena kartu merah (D.O.) dari kampus. Sedih juga keilangan mereka, mungkin itu udah jalan bagi mereka…

Selama 4 tahun gw kuliah, gw dapet temen2 terbaik terdekat dan berasa seperti keluarga selama gw tinggal dan kuliah di Bandung. Dan kita ber-??, gw lupa jumlah pastinya, nyebut komunitas persahabatan gw dengan sebutan MMS (Mas dan Mbak Sagita). Kenapa kita sebut itu? karena kita punya base camp sebuah kosan yang bernama pondok sagita. Inilah gambar kita, MMS…

Bareng mereka, gw ngga ngerasa kesepian dan susah selama hidup merantau. Kegiatan kita selama ngumpul2 ga jauh2 dari aktivitas kuliah, kayak ngerjain TP (Tugas Pendahuluan) dari lab. sebelum kita praktikum.

Gw masih inget, kalo ps ngerjain TP, ato pun belajar, kita MMS ber-9 orang, yang satu angkatan, belum di tambah temen2 yang lain yang iutan nimbrung ngerjain TP, suka ngalor ngidul ga jelas, jam 7 sehabis maghrib, biasanya kita sudah ngumpul buat berkoordinasi untuk ngerjain TP. Dari mulai kontak temen2 yang memiliki nomor NIM belakang yang sama sampai ngetem di fotocopy-an buat nyegatin master2 TP yang beredar. Jam 9 biasanya kita dah memiliki bahan master yang sudah mulai komplit, selain kita juga melaksanakan pengerjaan secara terpadu di base camp.

Ga’ jauh darikegiatan kampus lainnya yaitu belajar bareng buat ngadepin UTS (mid semester) ato UAS. seperti biasa kita ber 9, kalo ga di tambahin anak2 yang lainnya, ngumpul tepat abis maghrib. Setelah ngumpul ato tepatnya yang bawa motor udah dateng, kita mulai berkoordinasi, nyari makan malem, plus nyari materi dan soal2 tahun kemaren. Karena kebiasaan disini soal dari tahun ke tahun ga beda jauh, paling hanya beda urutan soal atau beda angka sajah.

Dan kebiasaan gw, kalo lagi diterangin ma anak2 ttg materi yang besok diujikan, gw pasti kabur, ntah cari makan ato mungkin malah pulag, gara2 gw stres ga ngeh ato kurang sreg ngeliat materi yang dibahas.

Malem ini, gw rindu masa-masa itu, masa-masa kita sering ngumpul bareng, bercanda, ketawa bareng, ngebahas masalah cowo ato cewe inceran, nyidang anak2 yang bermasalah, nge-ceng-cengin salah satu anak yang tiap hari digilir. Dan kalo giliran gw, pasti muka gw dah merah abis kayak tomat,, hahahaaa….

Yah ngga cuma belajar ato sekedar ngumpukl dan becanda sajah, kita juga sering jalan bareng, dari yang cuma makan di luar, nonton bareng sampai acara jalan2 ke lokasi wisata tertentu. Yang paling asyik pas jalan2 ke Tangkuban Perahu, bener2 hiking dan adventure.

Yang tadinya niatnya cuma pengen ngeliat sunrise, malah jadinya nyemplung ke daratan bekas kawah, dan yah bertualang. Oh ya, sempet ada pengalaman mistik juga sepulang kita dari G. Tangkuban Perahu, kita di ikutin 5 makhluk gaib yang ada di kawahnya, gara2 salah astu dari ita ngebawa barang tanpa permisi dulu. serem juga si pas malem sepulang dari sana. heheheee….

Masuk semester 7, kebanyakan dari kita udah sibuk dengan kegiatan masing2,, dan sebagian besar mulai menyusun Tugas Akhir ada juga siy yng sibuk dengan pasangan hidup masing2, dan intensitas buat kita ngumpul semakin berkurang. Tapi kita tetep keep contatc kok,, dan kadang2 ngumpul.

Dan mulai dari sini sadar, gw ngga hidup dengan sahabat saja, gw juga perlu nyari seorang pasangan hidup, yang kelak bakal ngedampingin hidup gw,, Dan sejak saat itu gw mulai berburu sendiri, ngga perlu minta tolong dicariin, heheheee…

dan selama bergerak underground, sempet temen2 deket gw pada nyium pergerakan gw, coz hanya satu yang taw, temen paling deket sekaligus sohib karib gw dan yang lain lum pada taw, hehehe,, maap ya temen2 MMS.

Ngga jauh2 kok, ini anak dulu temen satu panitia, kosannya ngga jauh2 dari kosan gw. Dan gw mulai akrab dan deket ma dia sejak sering ngobrol di Borgchat. Ditambah saat itu dia lagi ngerjain TA, dan gw ngebantuin bwt ngerjain dan sekaligus merangkap sebagai driver ke Telkom RisTI Bandung. hehehee…

Coba deh cari di gambar itu, ada gw ma cewe gw kok di situ.. dan kita masih culun2nya, ni gamabar diambil pas kita masih dalam satu kepanitiaan PPMTE 2004.

yah secara singkat dan dalam waktu yang ngga lebih dari 2 bulan gw dah berhasil meluluhkan hatinya,, dan sampai sekarang gw masih jalan ma dia. hehehee… Thanks ya sayang, udah nemenin gw selama ini…

Tanggal 21 Agustus 2008, gw udah ngelaksanain Sidang Tugas Akhir. Dan inilah puncak dari perjalanan gw selama Kuliah, mencari persahabatan, mencari seorang pendamping hidup dan mengakhiri masa2 remaja, menuju masa dewasa gw. Masuk ke dunia dan kehdupan yang sebenarnya.

Dan sekarang ini, setelah diwisuda, 25 oktober 2008, gw mulai berburu gawean dan gawean. Duduk dalam kursi antrian untuk memperoleh pekerjaan dan penghidupan yang layak di bumi Indonesia tercinta ini…

Gw bakalan inget masa2 indah selama gw kuliah  dan akan jadi sebuah cerita buat anak dan cucu gw. Ngga lupa gw ucapin makasih buat Noveliza Anie, yang selama ini dah nemenin hidup gw. Temen dan sahabat2 gw, Teguh, Shindy, Ocha, Andika, Guntur, Ani, Indah, Vivin, K’ Mey, K’ Danu, K’Puy, Andris, Ani kecil, Ira, Windy, Nadya, Adam, dan temen2 yang lainnya yang belum gw sebutin satu persatu. Thx buat persahabatan kita selama ini, moga2 persahabatan kita lanjut sampai kita lanjut usia.

One comment

  1. hiks…
    jd pengin nangis..
    palagi ngrasain.. skarang pergantian taun…
    nda bareng lg ma kleyan…
    gw di borneo sendirian… -_-‘

    eniwey..
    gud lock for job huntingnya ya dhus..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s