Backpacker-an, Goes to Situ Patengan

Setelah lama ngga jalan-jalan bareng temen2 gw, akhirnya tanggal 2 Januari 2009 kemaren gw bisa jalan-jalan lagi rame-rame. Awalnya kita sempet bingung dan setelah melalui diskusi yang cukup panjang, akhirnya diputuskan buat jalan ke arah selatan Bandung yaitu ke Situ Patengan.

situ-patengan

Rencana awal sebenarnya ita emang pinginnya menuju ke daerah yang terdapat pemandian air panas, tapi karena satu dan lain hal setelah baca review dari orang-orang tentang pemandian aer panasnya dan salah satu peserta jalan-jalan ada kuliah sore harinya, maka diputuskan ke satu lokasi ajah. Belum lagi hari keberangkatan kita adalah hari jum’at, yah terpotonglah waktu bermain kita.

Kumpul di kosan gw, karena letaknya ngga tepat di sebelah jalan raya dan ada halaman yang cukup luas buat parkir. Total ada 6 peserta buat jalan-jalan kali ini, ada Gw, Icha, Teguh, Ita, Adi-mbah, Achi. Sebenarnya ada 2 lagi yang ga bisa ikut, karena mendadak harus ngerjain proyek di kantornya.

Setelah sarapan, kita berangkat antara pukul 07.15 – 07.30, sudah termasuk waktu buat berburu Premium dan Pertamax, maklum buat Pertamax agak susah dicari kali ini. Stoknya lagi kosong mulu.
Menuju ke daerah Selatan Bandung, bakal menempuh kurng lebih 40 km rute dari Bandung ke arah Ciwidey. Sebenarnya dari booklet yang gw dapet pas kemaren di acara Braga Festival, lokasi wisata di rute yang kami tuju kurang lebih ada 7 lokasi wisata.

Pertama, kebun strawberry, siapa si yang ga taw strawberry?? yah buah kecil berwarna merah dan rasanya manis-asam gitu jadi salah satu kegemaran kita semua..
Yang kedua ada Kawah Putih Ciwidey, dilanjutkan denagan BumPer Ranca Upas, eh disini juga ada tempat pengembangbiakan rusa loh dan bisa kita kunjungi.
Pemandian Air Panas Cimanggu dan Rancawalini, Perkebunan teh Rancabali dan terakhir Situ Patengan.

Keberangkatan kita jalur menuju TKP masih sangat sepi,yah bisa dibilang lanjar abiiss.. ga ada kendala kemacetan dan lain-lain. Sepanjang perjalanan kita di suguhi pemandangan indah hamparan pegunungan, bukit, dan sawah yang menghijau. Bikin mata gw sedikit adem dan relax.

Masuk di area Ciwidey, kita di suguhi kembali pemandangan hijau dan kebun strawberry di kanan dan kiri jalan, yang menawarkan buah strawberry yang telah di petik maupun petik sendiri.
Sedikit tips, buat anda yang mau menikmati petik sendiri buah strawberry, lebih baik saat masih pagi hari karena matahari belum terlalu tinggi dan udara masih segar.

Lanjut ke perjalanan, semakin ke selatan maka jalanan yang kita lewati semaikn menanjak, maklum gw pake motor matic sehingga sedikit kerepotan saat menanjak, belum lagi berat gw yang aduhai, heheheee. Bikin motor matic gw kerja lebih ekstra keras saat melalui tanjakan. Ayo tancap gaaaassss….

Setelah melewati beberapa lokasi wisata yang gw sebutin di awal tadi, gw memasuki area perkebunan teh di sepanjang jalan menuju Situ Patengan. Dikanan dan kiri nampak warung-warung penjual jagung bakar, ketan bakar, dan bandrek yah makanan kecil untuk menghangatkan khas daerah dingin.

Masuk 3 km sebelum Situ Patengan, kabut turun, belum lagi disertai gerimis kecil dan angin yang dingin, wah bikin gw semakin gemeteran karena kedinginan. Sedikit menguntungkan buat mesin matic gw lebih normal kerjanya, karena tidak perlu takut overhead karena kepanasan saat bekerja ekstra saat menanjak.

Sampai di pintu masuk, kita di kenai tiket masuk Rp. 10.000,- per motor, padahal dari booklet wisata Bandung yg gw liat tiket masuk per orang Rp. 2.500,-. Nah pertanyaan gw, yang Rp. 5.000,- kmn larinya? orang di dalem kita masih dikenai tarf parkir lagi.
Dari pintu masuk menuju parkiran di lokasi wisata ini, kita bisa ngeliat pemandangan danau yang di kelilingi hutan pinus, dengan pemandangan kebun teh di sekitarnya.

batu-cinta

Setelah memarirkan kendaraan, kita ber-6 ditawari untuk menikmati keliling danau Situ Patengan dan mampir ke Batu Cinta, yang merupakan kisah klasik dari tanah pasundan ini tentang lokasi pertemuan kembali Dewi Rengganis dan Prabu Siliwangi setelah berpisah sekian lama.
Awalnya kita menolak dulu emang karena alasannya kita baru saja masuk lokasi wisata dan ingin menikmati pemandangan dahulu. Termasuk salah satu temen gw kyang kelaparan dan ada trouble pengen BAB. Whahahaha…

Setelah berputar-putar, ambil gambar dan menikmati snack yang kita bawa dari rumah, lagi-lagi termasuk hasrat BAB yang di cancel, kita akhirya memutuskan untuk mencoba keliling danau Situ Patengan dan mampir ke Pulau kecil di tengah danau dimana terdapat Batu Cinta.
Tarif yang ditawarkan untuk paket ini adalah Rp. 15.000,- per orang. Ada juga paket yang hanya berkeliling danau dengan tarif Rp. 10.000,- per orang.

perahu

Semilir angin di sekitar danau dan gemericik air pas perahu melau bikin suasana lebih adem lagi dan ngerasa rilex ajah,, ada satu pemandangan aneh buat kita ber 6, ada tanda di larang parkir si seberang danau, ntah apa alasannya.
Pas gw tanya tukang perahunya, dia bilang si karena sekitar situ banyak terdapat batu2an,jadi sulit buat parkir dan merapatnya perahu. Kita si cuma bisa nge -iya-in ajah.

p-coret

Tapi pas gw liat sekarang ni, hasil transferan dari kamera, gw ngeliat ada deretan nisan di bukit belakang tanda dilarang parkir. Secara logika emang mungkin tamu ngga diperkenankan buat kesana. Tapi kurang tau juga kalo ada pantangan2 untuk hal-hal mistis.

Akhirnya sampai juga kita di pulau kecil lokasi Batu Cinta, ngga lama cuma 10 menit kita maen-maen dan foto-foto. Kemudian perjalanan kita lanjutkan lagi perjalanan mengitari pulau kecil itu. Sempet tadi gw liat ada monet kecil di pulau seberang batu cinta.
Wah ternyata masih asri juga dan masuih banyak binatang liar di sekitar sini. cuma yang gw bingung, tu monyet makan apa ya? Secara lokasinya terisolir danau yang cukup luas. Kalo bisa renang si okeh2 aja tu monyet, bisa berenang ke tepi danau buat cari makan di warung-warung sekitar danau. heheheee….
Akhirnya perahu kembali merapat ke tepi danau.

galery

Pulang dari sana, kita ngga lupa beli strawberry yang dijual oleh warga sekitar di lokasi Situ Patengan. Satu kotak besar di tawarkan Rp.10.000,- dan untuk dua buah kotak kecil di tawarkan Rp.5.000,-. Jangan lupa menawar, itu yang gw inget dari nyokap gw dan bukan rahasia umum lagi.
tawar menawarpun terjadi, akhirnya gw cuma ngedapetin harga Rp.15.000,- untuk 2 kotak besar plus satu kotak kecil. Lumayanlah buat oleh2 pulang ke rumah.
Tips tambahan buat penggemar buah strawberry, kalo hari sudah siang dan malas untuk pergi ke kebun strawberry, gw saranin mendingan beli yang kayak begini ajah, selain lebih murah kita juga ngga ngerasa kecapekan kelling kebun ambil panas-panasan.
Dan ternyata info dari temen gw, kalo metik sendiri di kebun, belum tentu buahnya yang ada di kebun siap untuk dipetik. Bisa-bisa malah kita cuma ngedapetin buah strawberry muda yang belum matang, malah mungkin lagi ngga ada sama sekali yang bisa di petik karena buah-buah yang matang sudah dipetik dan dikemas untuk dijual.
Tapi pilihan juga buat orang-orang yang ingin merasakan sensasi berkeliling kebun strawberry buat metik buahnya sendiri. hehehe…

Karena sudah menunjukan tepat pukul 11.30, kita ber-3 yang cowo, segera mencari lokasi buat ngelaksanain Sholat Jum’at sebelum nantinya ngelanjutin perjalanan pulang ke Bandung.
Jam 13.45 perjalanan kembali ke Bandung dimulai, seteah sholat jum’at. Perubahan cuaca yang cukup drastis selama perjalanan bikin badan gw sedikit terganggu.
Cuaca kota Bandung akhir-akhir ini emang kurang bersahabat,panas terik di selatan dan mendung tebal di utara. It’s not fear…
Akhirnya gw tepar dengan sukses sore harinya…. hahahaha…

It’s nice trip,, dan gw masih kepingin maen-maen ke Pemandian air panasnya, suatu hari nanti gw balik lagi kesana, mungkin 2 ato 3 minggu ke depan. hehehe…
tar gw kasi liputannya, tenang ajah…
eh iya, niy gw kasi rincian ongkos yang gw keluarin selam perjalanan kemaren..
Tiket masuk Rp. 10.000,- /motor (2 orang)
Paket keliling danau Rp. 30.000,- (2 0rang)
Strawberry Rp. 15.000,- (2 kotak besar plus 1 kotak kecil)
Bensin Premium dan Parkir Rp. 25.000,-
Total duit yang gw pake buat perjalanan ngga lebih dari Rp. 100.000,-

Jadi tema Liburan di Bandung ajah gw selese dan gw cuma mo ngucapin Met Tahun Baru 2009 dan Happy nice weekend…

—batMAN kasarung—

11 comments

  1. Artikel yang cukup informatif. Tapi –seperti kebanyakan orang– salah kaprah dalam penggunaan KITA sebaiknya mulai dikurangi. Mengapa takut menggunakan kata KAMI? Tentu diimbangi dengan mengganti gw dengan saya atau aku.

    Sekedar masukan, ya.

  2. @mas Mijon, wah sakti tenan mas, nyepeda tekan kono… mangstap tenan kuwi…

    @mas Yudi, makasi masukkannya,, sebenarnya aq sendiri mo pake apa, tapi dari pertama nulis blog sudah pake kata ganti org 1 = “gw”, makanya sampai sekarang masih make itu,,
    demi konsistensi penulisan,, hehehe,,
    Tapi makasi banget masukkannya dan semoga bisa di pergunakan kedepannya.. amieenn..

  3. @brillie, waduh ga taw…
    aq bukun penjual strawberry…. yang jelas mungkin hargaperkotak besarnya emang di range harga 10 – 20 ribu/kotak. Di lokasi wisata loh,,
    Jadi 15 rebu dapet 2 kotak itungannya lumayan murahlah,,,

  4. @Pak Dokter Andi, makasi dah maen2 ke sini. Wah kapan2 bareng2 temen2 dari loenpia smg dan jkt ngumpul di sini gmn?
    Hehehe..

  5. wah.. jadi inget masa -masa nyasar dulu..,
    naek speda warisan jaman belanda, brangkat lewat ciwidey.. hingga nyangkut di situ patengan.. kemudian sengsara di-cianjur.., tapi alhamdulillah balik ke bandung dengan selamat plus oleh-olehnya berupa sebotol aer dari situpatengan..

    btw, tengkyu dah publish poto-potonya..
    jadi kangen pengen nyasar again..🙂

  6. ini posisinya dimananya kawah putih yaa..?? kalo kawah putih khan belook kiri trus naek lagi…
    jadi setelah kawah putih atao sebelumnya yaa? info2 dunk.. rencana mau kesana nee…

    thanks untuk petunjuknya… hehehehe…

Tinggalkan Balasan

