KAMOD, Kereta Api Model..

Lama ngga nulis lagi di blog ini, dan ini awal tulisan di tahun baru ini, tahun 2011.. Tulisan aq masih berkaitan dengan beberapa peristiwa, kejadian, hobby, dan segala sesuatu yang terjadi dan aq alami. Kali ini berhubungan dengan hobby, termasuk hobby baru tapi cita-cita dari kecil qu dulu selain cita2 punya kamera DSLR.

Diawali dengan kebiasaan mudik keluarga dulu, waktu aq masih kecil – smp, dari kota Pekalongan menuju Semarang dengan perjalanan KRD dan rumah nenek qu di Ambarawa yang ngga jauh dari museum Kereta Api Ambarawa membuat aq jadi mencintai dunia ular besi ini.

CC 5029

kalo dulu hanya bisa melihat kalo mau mudik dan pas liburan di Ambarawa, sekarang aq mencoba membawa pulang miniatur Kereta Api. Bukan berniat untuk pamer atau apa, aq cuman pengin bercerita mengenai Kereta Api Model. Dari yang aq baca sebelum menggeluti hobby ini, Kereta Model di Indonesia masih dianggap mainan mahal, karena satu unitnya bisa berharga jutaan. Namun kini seiiring berkembangnya produk-produk china dengan lisensi dari produsen utamanya atau produsen membuka pabrik di China, maka hobby ini dapat dikatakan sudah bersahabat dengan kantong kami para penggemar kereta api.

Kereta Model ada beberapa skala yang dimainkan, antara lain skala G (Garden), On30, OO, HO (Half O), N, dan Z. Namun rata-rata yang dimainkan di Indonesia adalah skala HO (1:87) dan N (1:160). Hobby ini perlu memperhitungkan beberapa hal, antara lain : Skala yang akan dimainkan/dikoleksi, Space yang tersedia (berkaitan dengan skala dan lay out yang akan dibangun nantinya), Tema koleksi (Europe / America / Indonesia), dan Tema layout (pabrik, gudang, perkotaan, pedesaan, dll).

Sistem catu daya dan supply power untuk Kereta Model ada beberapa tipe : AC, DC Analog, DCC (DC Digital) dan DCS. saat ini yang banyak di pakai adalah sistem DCC, karena lebih mudah, tidak ribet, dan lebih realistis karenaada fasilitas DCC+Sound, sehingga lokomotif tidak hanya rolling namun juga bersuara layaknya kereta api sungguhan. Ada suara mesin diesel / uap, suara bell, suara rem, hingga suara coupler.

Aq dirumah awalnya mengkoleksi skala HO (1:87) dengan sistem DCC dan ada satu loko uap yang sudah DCC+Sound, namun karena space yang kurang mencukupi maklum masih jadi kontraktor, jadi hanya mengumpulkan dan koleksi saja. Kemudian di tengah pertengahan perjalanan mengkoleksi, iseng browsing di internet aq malah kesengsem dan dapet yang skala N (1:160) DC Analog dan DCC. Ukurannya relatif lebih kecil, sehingga bisa dimainkan di ruang tamu rumah yang sekarang ini.

Sementara ini dulu, nanti aq update lagi. jika tertarik dan berminat dengan Kereta Api Model, silahkan mampir-mampir di ITMC di Facebook atau di Lounge Kereta Api.. silahkan di search.

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s