Day: Juni 21, 2008

Modifikasi Yamaha Jupiter

hi bro n sist,,

lihat dunk, ada stiker M+ yang nyempil di bodi depan,,

ini kali pertamanya gw bermain modif motor secara total, gw punya yamaha jupiter keluaran 2003, sebenernya dah pingin ngemodif tunggangan gw sejak lama, cuma sebelum2nya gw ga taw dimana ngemodifnya,, lokasi bengkelnya terutama, dan ini juga yg jadi cikal bakal gw mengenal modif motor lebih dekat dan dekat bgt,,

*hehehe*

motor ini gw modif gara2 gw pernah jatuh di perbatasan jateng-jabar saat gw mudik dari bandung ke rumah gw di purwokerto,, okeh, bakal gw kasi liat motor jupiter gw sebelum dan sesudah gw modif, hehe,,

agak ekstrim siy perubahannya dari bebek / underbone yang cungkring jadi bebek sport yang lumayan gambot dan mantap,, gw bikin bulan agustus 2005, masuk bengkelnya, lokasi bengkel awal di tempatnya u’i dan finishing di X_K (baca Kalika) Purwokerto. untuk mesin dan pengecatan di Dhafi Motor.

ni dia jupiter gw, sebelum berubah total,,

sebenernya ini dah gw modif, tapi smua barang bolt-on, kayak velg racing, knalpot free flow, dan kopling manual. ya sebatas itu ajah siy, ga terlalu banyak, yang penting gw dapet akslerasi ajah buat dalam kota,,

gwe bikin ni motor setengah mati seneng n keselnya,, senengnya gw bisa ngemodif motor, dari yang awalnya culun, jadi lumayan keren,, sedihnya gw di bengkel pertama sempet kena tepong, coz motor gw ga di garap2, mpe gw kesel ndiri, mana dah lama, mpe gw bolak balik dari bdg ke pwt,, jogja ke pwt,, duh capek bgt,,

ya sebenernya ada untung ruginya modif di bengkel tanpa selalu di pantau

untungnya dari ngemodif motor di bangkel:

  1. ga perlu capek2 ngeluarin tenaga buat ngemodif sendiri pa lagi kita buta ttg proses pembuatan fiber glass. tinggal nyerahin desain ato milih bentuk yg diinginkan buat diterapkan.
  2. kita nambah temen dan nambah referensi dari temen2 baru kita buat ngemodif motor dan laen2.
  3. banyak pilihan bengkel yg bisa bantu kita modif.

ruginya kalo ngemodif di bengkel:

  1. capek bolak – balik, terutama kalo kita ada di luar kota.
  2. duit kudu cepet ngumpul buat bayar modifan.
  3. kadang di tipu ma bengkelnya, katanya mo di kasi sparepart merk “A” eh di kasi sparepart merk “B” untung masih dikasi yg ada merknya, pengalamna gw malah dapat barang lokal, kekekekkkekekkk.
  4. kudu pinter milih bengkel, kalo bisa si tanya2 ma org yg udah ngegarap di situ,
  5. kadang hasil garapan ga sesuai dg yg diinginkan, dan kurang puas ma hasilnya.

gw ngemodif motor pake konsep yg di gambar sendiri, eh di tengah penggarapan, kluar motor Jupiter MX, walopun masih concept, di thailand sono,, akhirnya disaranin pake konsep itu, dan itu cuma buat tampilan depan ajah,, ini die konsep yg gw masukin ke bengkel, tadinya mo dibikin persis kayak gini,, tapi karena saran dari temen2 dan pebengkel, akhirnya gw ikutin juga,,

konsep motor gw niy buat modif, masih sket kasar pake tangan, bukan pake kompi, coz gw lum kenal software desain saat itu.

yang melenceng dari motor ini dari tampilan motor gw, ma sebagian hal kecil di jok, setang, dan spatbornya. dan tentunya nambah dikit di bagian mesin, buat ningkatin performa.

so, total yang gw lakuin pada motor ini antara laen:

  1. tampilan motor dari depan Jupiter MX namun ada perubahan laen, tampangnya gw kasi lampu Nouvo-Z, dan akhirnya malah jadi mirip Yamaha X1-R bikinan thailand. ini tahun 2005 loh bikinnya, sebelum X1-R dikeluarin di Thailand, so gw bisa di bilang de javu, buat bikin motor ini. hehehehe,,
  2. buat spatbor depan gw pilih model dari ducati monster. keren di komparasi di sini, so cool guys.
  3. velg+ban gw kasi ukuran depan: 2,5 inch 110/80 – 17 belakang : 3 inch 130/70 – 17, punya tiger neh.
  4. swing arm custom model banana, mono shock. udah pernah jebol 2 kali di dudukan shock smua, bentar lagi mo gw ganti.
  5. warna gw pilih black – red (candy tone). tadinya super red ato merah ferari, tapi gw cat ulang, hehehe.
  6. mesin over size jadi 125 cc, pake piston Kawak Kaze R, plus tambah oil cooler. lumayan bikin mesin adem, pas pertama tes drive, sempet macet pistonnya, coz fan nya lum gw nyalain plus pasokan oli ke piston macet.
  7. foot step depan custom, bikinan ndiri.
  8. lampu rem dan sein belakang pake punya mocin apa lupa namanya. skubek itu loh,, yg sering d pake buat modif.

ni gambar motornya setelah jadi, gw foto pas di liput ma motor plus, dan udah pernah masuk motor plus ma oto plus, motor plus edisi 386 agustus 2006, di halaman 2. lokasi di bengkelnya punya dodik. temen gw pas ngebengkel di purwokerto yg akhirnya buka bengkel.

yang atas dari samping n bawah dari depan tapi nyerong dikit gw kasi nama Jupiter XR-125.

wah dah keren banget pokoknya pas waktu itu, pa lagi kalo pas di copot bodi depannya, mirip moge tapi kelasnya bebek moge,, kekekekekkkkk..

oh ya pernah di pajang di dealer Yamaha di Cilacap d tempatnya temennya bokap. keren siy, di pajang di show roomnya dan pengalaman setelah di pajang, ada yg mo bayarin 12 jeti kontan, wkkk. ya di tolak lah, lagian habis emg ga lebih dari itu, tapi belum belum beli motornya. lagian namanya hobi, ga bakal gw lepas.

niy gw kasi lagi gambarnya pas ada di bengkel, lagi rehab mesinnya. keren bgt dari belakang. menurut gwe loh, kalo kalian mah sok ajah kasi penilaian masing2 yak. hehehe…

dan akhirnya sekarang dah tahun 2008, gw dah bosen ma modelnya, kayaknya bakalan gw rombak lagi, tapi masih bingung model dan konsepnya mo kayak apa. pingin si super moto, berarti bakalan reinkarnasi jadi motor laki, tapi dari bengkelnya bilang kayaknya kekecilan motornya. kemaren serching di inet dapet model SACHS Maddas 125, kayaknya ingin model kyk gini tapi tar lihat sikon lah. dan jarahannya bakalan ke super moto, cuma belum taw modelnya kayak apa.

bro n sist, kalo ada saran kasi masukan yak,, gw tggu neh, okeh?!

thank bgt yak,, ^_^ V,,